Pages

Mengatur bulanan anak kos

Cara mengatur keuangan bulanan anak kos ini diutamakan kepada orang tuanya yang hidup pas-pasan bukan berarti anak atu mahasiswa yang orang tuanya juga hidup berkecukupan tidak perlu mengatur keuangan anak mereka. Hal ini diperuntukkan bagi anak atau mahasiswa yang jauh dari orang tua baik di dalam maupun luar negeri untuk mengatur keuangan mereka

Bagi mahasiswa yang baru memasuki tahun ajaran baru atau yang baru memasuki pendidikan perguruan tinggi tentu membutuhkan biaya yang cukup besar baik sekolah di negeri apalagi perguruan tinggi swasta.
Orang tua yang hidupnya yang terbatas atau pas-pasan harus sedini mungkin memperhitungkan biaya yang diperlukan sebelum memasuki pendidikan tersebut dan biaya yang akan dikeluarkan selama pendidikan itu berlangsung.

Syukur kalau orang tua sudah mempersiapkan sedini mungkin dan menyediakan dana yang diperlukan atau semacam asuransi pendidikan yang telah disediakan oleh orang tua mereka.

Lalu bagaimana dengan si siswa atau mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tersebut dan ternyata uang yang dikirim pas-pasan bahkan kurang untuk memenuhi kebutuhan? Yang pertama adalah bagaimana cara mengatur keuangan yang ada secara efisien agar tercapai biaya yang dibutuhkan.?

Jangan merokok! ini mungkin untuk kesehatan? mungkin ya tetapi jika si mahasiswa juga perokok maka biaya yang dibutuhkan untuk merokok secara tidak sadar cukup besar selain itu juga merusak kesehatan.

Bagi mahasiswa sebaiknya membuat daftar belanja setiap bulannya sehingga dana yang tersedia  bisa dikelola dengan sebisanya dicukupkan walaupun sebenarnya biaya yang tak terduga kapan saja harus dikeluarkan. Baik untuk membeli buku, photocopy, internet, telephon transportasi, biaya makan, dan lain sebagainya.

Jangan langsung dihabiskan jika memang ada uang yang tersisisa pada bulan tersebut, sebaiknya ditabung dan siapa tahu tiba-tiba juga ada pengeluaran yang lebih besar dari kiriman yang diberikan orang tua pada bulan berikutnya. Menabung memang sederhana tetapi kadang sulit apalagi bagi anak muda yang butuh juga pergi bersama teman

Cara menghemat sebaik mungkin dapat juga dilakukan dengan menjatah uang perharinya. Berapa biaya yang diperlukan rata-rata diperlukan perharinya. Kurangi keinginan untuk belanja yang tidak begitu diperlukan dan yang utama adalah untuk kegiatan untuk studi.

Untuk masa sekarang ini kebutuhan akan internet adalah mutlak. Anda bisa mencari provider yang murah atau memanfaatkan wifi atau jaringan komputer kampus yang gratis jika ada.
Pemakaian handphone atau smartphone adalah biaya yang besar yang selalu tidak disadari. Untungnya sekarang pemakaian handphone semakin  irit dengan bayaknya berbagai aplikasi sehingga memudahkan untuk mencari informasi.

Kurangi juga kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu penting utamakan untuk kepentingan studi. Bergaul dan berteman memang sangat baik tetapi pengeluaran juga harus diperhitungkan.
Anda bisa juga bekerja paruh waktu jika hal itu memungkinkan, untuk mahasiswa jurusan eksasta agak sulit dibandingkan dengan yang non swasta. Hal itu bisa saja dilakukan jika ada kesempatan sebagi contoh memberikan privat studi bagi anak-anak sekolah menengah atas.

Banyak teman juga sangat bermanfaat, kadang teman-teman sekolah atau kuliah seperti saudara sendiri bukan hanya mereka dapat membantu kta selagi dalam kesulitan juga siapa tahu diantara mereka ada keluarganya yang lagi ada kondangan dan mengundang kita....ya jadi bisa makan gratis dan perbaikan gizi....ha..ha....

0 comments:

Post a Comment