Pages

Apakah mungkin medapatkan pinjaman gratis?

Apakah mungkin medapatkan pinjaman gratis ? Ini adalah sering menjadi pertanyaan dan harapan bagi orang yang ingin mendapatkan pinjaman gratis atau setidaknya tanpa bunga. Hal itu mungkin anda dapatkan apabila apabila meminjam kepada keluarga atau teman yang ingin membantu anda. Apakah ini mungkin dari lembaga keuangan yang akan memberikan dengan cuma-cuma kepada anda tanpa dikenai bunga? Hal ini memungkin walau sangat langka dan hal tertentu saja anda dapatkan dalam hal tertentu.

Hal yang paling mungkin adalah untuk pembiayaan pendidikan. Beasiswa adalah hal yang paling mungkin. Tentu saja hal ini sangat berkaitan dengan prestasi seseorang serta tersedianya beasiswa dari sekolah atau pendidikan tinggi itu atau lembaga pemberi beasiswa.

Untuk dinegara-negara maju pembiayaan kuliah selain beasiswa, masih banyak lembaga-lembaga lain baik yang dikelola pemerintah maupun swasta yang dikenal dengan Student loan. Pinjaman ini awalnya adalah gratis, pembayaran dilakukan setelah yang bersangkutan telah menyelesaikan kuliah dan mendapatkan pekerjaan. Seperti diketahui biaya untuk pendidikan tinggi di negara maju seperti Amerika Serikat sangatlah mahal termasuk bagi warga AS sendiri. Dengan adanya student loan tersebut seseorang dapat menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi.
Ada konsekuensi dari dana pinjaman itu, kebanyakan juga memberatkan pelunasan utang setelah mulai bekerja, artinya mereka akan mencicil setelah mulai bekerja. Syukur kalau mereka mendapat pekerjaan yang bagus dengan gaji yang besar, bagaimana dengan gaji pas-pasan dengan awal mulai bekerja tentu cicilan cukup memberatkan.

Bagaimana dengan di Indonesia. Hal seperti itu masih langka, jika ada stukturnya juga sangat berbeda. waktu pelunasan juga sangat pendek dengan bunga yang sangat tinggi.
Pada zaman orde baru ada semacam paket bantuan, tetapi khusus untuk mahasiswa yang mau menyelesaikan masa kuliahnya yang dikenal dengan Kredit Mahasiswa Indonesia. Program ini diberikan kebanyakan pada mahasiswa perguruan tinggi negeri.
Setelah mahasiswa menyelesaikan studinya ijazah mereka ditahan sebagai jaminan dan hanya diberi salinan untuk dipergunakan untuk mencari pekerjaan. Setelah bekerja dapat kembali ditebus ijasah tersebut.

Untuk di Indonesia masih perlu dipikirkan untuk membiayai pendidikan tinggi seperti di negara maju, termasuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi swasta. Saat ini yang paling umum dilakukan adalah dengan asuransi. Mengingat pendidikan tinggi di Indonesia semakin tidak jelas biaya akan dikeluarkan maka terserah anda memilih jalur yang akan anda tempuh terutama bagi dana yang pasa-pasan. Asuransi pendidikan menjadi salah satu pilihan, selain pinjaman pada bank.

1 comments:

Samsul said...

Ya, mas....saya teringat masa-masa KMI dulu, begitu dananya cair, langsung beli mini compo dan bersenang-senang dulu dengan duitnya sebagian baru menyelesaikan skripsi...he..he

Post a Comment